10 Perusahaan Batubara Dengan Modal Terbesar Di Indonesia 2023

Perusahaan Batubara

ICN News – Perusahaan batubara adalah perusahaan pertambangan yang mengekstraksi, mengelola, dan memproses batubara, yang merupakan endapan karbon di dalam bumi. Pertambangan batubara merupakan salah satu sektor ekonomi dan industri terkemuka di Indonesia, dan saat ini banyak perusahaan pertambangan batubara yang beroperasi di sana, baik yang dikelola oleh pihak Indonesia maupun pihak asing.

Beberapa perusahaan batubara terbesar di Indonesia, berdasarkan modal dasarnya, antara lain:

1. Bumi Resource

PT Bumi Resources Tbk adalah perusahaan batubara raksasa dengan operasi di berbagai wilayah di Indonesia. Perusahaan ini memiliki cadangan batubara yang besar. Modal dasar BUMI menjadi salah satu perusahaan batubara dengan modal terbesar sebesar Rp 38,75 triliun.

2. Berau Coal

PT Berau Coal Energy Tbk (BRAU) adalah salah satu perusahaan batubara terkemuka di Indonesia, dengan fokus pada penambangan dan pengolahan batubara termal di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Modal dasar Berau Coal sebesar Rp 9 triliun.

3. Adaro

PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) adalah salah satu perusahaan batubara terbesar di Indonesia, baik dalam hal kapitalisasi pasar maupun total aset. Modal dasar Adaro sebesar Rp 8 triliun.

4. Petrindo

PT Petrindo Jaya Kreasi merupakan perusahaan induk yang menjalankan kegiatan usaha pertambangan energi melalui entitas anak perusahaan, dan merupakan perusahaan afiliasi dari PT Barito Pacific Tbk. Perseroan memiliki dua (2) konsesi tambang batubara di Kalimantan yang dikelola oleh entitas anak perusahaan. Modal dasar Petrindo (CUAN) adalah sebesar Rp 6 triliun.

5. ABM Investama

PT ABM Investama Tbk. (ABMM) adalah sebuah perusahaan energi terintegrasi yang melakukan investasi strategis di sektor terkait energi, seperti sumber daya, jasa, dan infrastruktur. Perusahaan ini merupakan bagian dari Grup PT Tiara Marga Trakindo (TMT). Selain di bidang batubara, ABM Investama juga berbisnis di bidang logistik, rekayasa peralatan, penjualan bahan bakar dan pelumas, serta pembangkitan listrik. Modal dasar ABMM sebesar Rp 4,68 triliun.

READ  Konsisten Terapkan Inovasi Keberlanjutan, Grup UT Raih 17 Juara Di Ajang Astra Corporate Affairs Awards 2023

6. Bukit Asam

PT Bukit Asam Tbk adalah bagian dari holding BUMN pertambangan MIND ID yang bergerak di bidang pertambangan batubara. Modal dasar Bukit Asam sebesar Rp 4 triliun.

7. Golden Energy Mines

PT Golden Energy Mines Tbk (GEMS) adalah perusahaan pertambangan dan perdagangan batubara yang diperdagangkan secara publik di Indonesia. Perusahaan ini merupakan bagian dari Sinar Mas Group, salah satu grup pertambangan terbesar di Indonesia. GEMS bergerak di bidang eksplorasi, penambangan, pengolahan, dan perdagangan batubara. Modal dasar GEMS sebesar Rp 2 triliun.

8. Indika

PT Indika Energy Tbk adalah perusahaan energi terkemuka di Indonesia dengan portofolio bisnis yang terdiversifikasi di seluruh rantai nilai energi, termasuk pertambangan batubara, pembangkit listrik, logistik, dan infrastruktur. Modal dasar INDY sebesar Rp 1,7 triliun.

9. ITM Group

PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITM) adalah sebuah perusahaan publik Indonesia yang bergerak di bidang investasi, pertambangan, perdagangan batubara, dan pembangkit listrik. Modal dasar Indo Tambangraya Megah sebesar Rp 1,5 triliun.

10. United Tractors

United Tractors (UT) adalah anak usaha PT Astra International Tbk (Astra). Melalui anak perusahaan seperti PT Tuah Turangga Agung (Turangga Resources) dan PT Pamapersada Nusantara, United Tractors terlibat dalam layanan pertambangan seperti penambangan batubara, pengerukan, dan perakitan serta pemeliharaan mesin tambang. Modal dasar UT sebesar Rp 1,5 triliun.

Itulah beberapa perusahaan batubara modal dasar terbesar di Indonesia yang dikutip dari beberapa sumber.

 

Iklan dan berlangganan bisa hubungi: WA atau Email

Butuh Buku Riset? Silahkan kunjugi CDMI Consulting

share this article:

Facebook
X
WhatsApp

Baca Juga

Advertisement

Media Partner
mining and mineral recovery exhibition
cdmi

Laporan Keuangan

Scroll to Top

“Easy to Read, Crucial to be Khowlegeable”

Search

Menu Pilihan

Kontak Kami

+62 878 7826 0925 (WA)
marketing@cdmione.com