10 Negara Penghasil Batubara Terbesar Di Dunia 2023

negara penghasil batubara terbesar di dunia
Truk Tambang (foto omid roshan unsplash)

ICN News – Batubara adalah salah satu sumber energi di dunia yang banyak manfaat dan kegunaannya. Dari data Kementerian ESDM menyebutkan sumber daya batubara Indonesia masih 98 miliar ton sementara cadangan masih sebesar 33 miliar ton. Dan akan habis jika diasumsikan umur cadangan batubara nasional bisa mencapai 60 tahun.

Berikut adalah 10 negara penghasil batubara terbesar di dunia pada tahun 2023, berdasarkan data dari International Energy Agency (IEA):

1. China: 4,43 miliar ton

China masih menjadi raja penghasil batubara di dunia dengan memproduksi batubara sebanyak 4,43 miliar ton atau setara dengan lebih dari 50% total produksi batu bara global.

2. India: 1,03 miliar ton

Negara kedua penghasil batubara terbesar kedua ditempati oleh India, dimana India menghasilkan batubara sebanyak 1,03 miliar ton. Batubara merupakan sumber energi utama bagi India dan digunakan secara luas dalam pembangkit listrik negara tersebut.

3. Amerika Serikat : 808 juta ton

“Negeri Paman Sam” ini termasuk dalam negara penghasil batubara terbesar di dunia dengan menghasilkan sekitar 808 juta ton.

4. Indonesia: 725 juta ton

Indonesia terkenal dengan sumber daya alam yang melimpah salah satunya sumber energi batubara. Indonesia sendiri negara Asean yang termasuk dalam 10 negera penghasil batubara terbesar di dunia, dimana menghasilkan sebanyak 725 juta ton atau menyumbang 8,3% dari total produksi global.

5. Australia: 547 juta ton

Australia adalah salah satu negara penghasil dan pengekspor batubara terbesar di dunia. Wilayah penghasil batubara di Australia sebagian besar berada di New South Wales dan Queensland.

READ  PT United Tractors Tbk Bagi Dividen Sebesar Rp8,2 Triliun, Simak Hasil RUPSTnya

6. Rusia: 471 juta ton

Rusia adalah penghasil batu bara terbesar keenam di dunia, dengan produksi lebih dari 471 juta ton. Rusia memiliki cadangan batu bara yang signifikan, terutama di Siberia.

7. Afrika Selatan: 262 juta ton

Afrika Selatan adalah penghasil batu bara terbesar ketujuh di dunia. Batu bara merupakan sumber energi utama bagi negara ini dan digunakan secara luas dalam pembangkit listrik.

8. Jerman: 181 juta ton

Jerman merupakan salah satu negara penghasil batu bara terbesar di dunia, dengan cadangan batu bara terbesar di Eropa dan produksi batu bara yang menyumbang 1,2% dari total dunia.

9. Polandia: 167 juta ton

Polandia adalah salah satu negara penghasil batu bara terbesar di dunia dan merupakan produsen batu bara terbesar kesembilan pada tahun 2023. Batu bara merupakan sumber energi utama di Polandia, menyumbang sekitar 80% energi negara ini. Polandia juga memiliki cadangan batu bara yang cukup besar, yang menjadikannya salah satu pemain kunci dalam industri energi global.

10. Kazakhstan: 134 juta ton

Kazakhstan adalah salah satu negara penghasil batubara terbesar di dunia, menduduki peringkat 10 teratas pada tahun 2023. Negara ini memiliki cadangan batubara yang signifikan dan industri pertambangan yang berkembang.

Negara-negara ini menyumbang lebih dari 70% dari total produksi batubara global. Batubara merupakan sumber energi penting bagi banyak negara, terutama di Asia dan Eropa. Batubara digunakan untuk menghasilkan listrik, baja, semen, dan produk lainnya.

 

Iklan dan berlangganan bisa hubungi: WA atau Email

Butuh Buku Riset? Silahkan kunjugi CDMI Consulting

share this article:

Facebook
X
WhatsApp

Baca Juga

Advertisement

Media Partner
mining and mineral recovery exhibition
cdmi

Laporan Keuangan

Scroll to Top

“Easy to Read, Crucial to be Khowlegeable”

Search

Menu Pilihan

Kontak Kami

+62 878 7826 0925 (WA)
marketing@cdmione.com